Skip to main content

Quiz 1 PBKK (B)

Quiz PBKK (B)

Nama: Clarissa Luna Maheswari
NRP: 5025211003

1) Struktur framework (kerangka kerja) dalam pengembangan perangkat lunak adalah kerangka kerja perangkat lunak yang menyediakan komponen dan alat bantu untuk memudahkan pengembangan aplikasi. Framework ini memiliki beberapa tujuan utama dalam pengembangan perangkat lunak:

Abstraksi Kompleksitas: Framework menyediakan abstraksi yang memungkinkan pengembang fokus pada logika bisnis aplikasi daripada mengurus masalah teknis yang lebih kompleks seperti manajemen sumber daya, tata letak antarmuka pengguna, dan lainnya.

Reusabilitas: Framework memungkinkan pengembang untuk menggunakan komponen dan kode yang sudah ada, sehingga menghemat waktu dan usaha dalam pengembangan.

Konsistensi: Framework memberikan panduan dan standar yang konsisten dalam pengembangan aplikasi, sehingga memastikan aplikasi memiliki tampilan dan perilaku yang seragam.

Keamanan: Framework seringkali memiliki mekanisme keamanan bawaan untuk melindungi aplikasi dari ancaman keamanan.


2) Pertimbangan dalam memilih metode implementasi antara WinForms, WPF, dan UWP dalam pembuatan aplikasi meliputi:
- WinForms (Windows Forms):
WinForms adalah teknologi yang lebih tua dan lebih matang yang cocok untuk aplikasi desktop sederhana.
Mempunyai tampilan antarmuka pengguna (UI) yang kurang modern dibandingkan dengan WPF dan UWP.
Tidak memiliki dukungan bawaan untuk aplikasi cross-platform.
- WPF (Windows Presentation Foundation):
WPF adalah teknologi yang lebih modern untuk pengembangan aplikasi desktop Windows.
Memiliki tampilan antarmuka pengguna yang lebih kaya dan fleksibel, termasuk dukungan untuk tata letak yang adaptif dan efek visual yang canggih.
Mendukung data binding yang kuat dan pemisahan antara tampilan dan logika dengan MVVM (Model-View-ViewModel) pattern.
Dukungan terbatas untuk cross-platform, biasanya terbatas pada lingkungan Windows.
- UWP (Universal Windows Platform):
UWP adalah platform yang dirancang untuk pengembangan aplikasi Windows yang bersifat universal, berarti dapat berjalan di berbagai perangkat Windows, termasuk PC, tablet, ponsel, dan Xbox.
Memiliki tampilan antarmuka pengguna yang modern dan adaptif dengan dukungan untuk berbagai perangkat.
Menyediakan integrasi yang lebih baik dengan fitur-fitur Windows terbaru seperti Cortana dan Windows Ink.
Mampu menjalankan aplikasi di berbagai perangkat dengan penyesuaian otomatis.

Pemilihan metode implementasi tergantung pada kebutuhan proyek, target platform, kompleksitas aplikasi, dan preferensi pengembang. WinForms cocok untuk aplikasi desktop sederhana, WPF untuk aplikasi desktop yang lebih kompleks dan modern, sementara UWP cocok untuk aplikasi yang ingin menargetkan berbagai perangkat Windows dengan tampilan yang adaptif.

3) Aplikasi yang pernah dibuat :

1. Aplikasi sederhana kalkulator menggunakan .NET

Deksripsi Singkat:

Pada perkuliahan pekan pertama, Pak Fajar Baskoro memberikan kelas tugas untuk membuat aplikasi desktop sederhana berupa kalkulator. .NET adalah platform pengembangan sumber terbuka dan gratis yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi lintas platform

link demo: 
 

2. Aplikasi Media Capture dengan NET
Deskripsi singkat:
Media Capture adalah kemampuan untuk mengambil dan mengelola media seperti gambar dan video menggunakan perangkat keras kamera pada perangkat yang memilikinya. Aplikasi Media Capture dengan .NET memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan fungsi media capture ke dalam aplikasi mereka dengan mudah.
link demo:
 

3.  Latihan Membuat WPF
Deskripsi singkat:
    Pada perkuliahan pekan selanjutnya, Pak Fajar Baskoro memberikan kelas B tugas untuk membuat WPF dengan bentuk form list nama dan dashboard. Selama kelas berlangsung, diterangkan materi yakni pengetahuan dasar tentang WPF, penggunan XAML di WPF, fitur-fitur pada WPF, vector graphicstime-based animation, alat untuk menghasilkan file output XAML, cara kerja XAML, dan beberapa contoh aplikasi dari XAML. 
a. link github: 
lunielism/tugas-3-pbkk (github.com)
b. demo tugas 3:
 

c. link blog:
https://tugaspbkkluna.blogspot.com/2023/09/tugas-pertemuan-3-latihan-membuat-wpf.html

4. Latihan UWP : Membuat Photo Lab
Deskripsi Singkat:
Pada pertemuan keempat, kelas diberikan materi mengenai UWP (Universal Windows Platform). UWP membangun aplikasi untuk Windows PC. UWP adalah platform induk pengembang pada windows 10. UWP mendukung NET Framework 2.0. PhotoLab adalah sebuah aplikasi yang memperlihatkan berbagai konsep dalam pemrograman XAML, mulai dari dasar hingga tata letak yang adaptif dan disesuaikan.
a. link github: https://github.com/blobibob/photolab
b. Hasil Pengerjaan
c. link blog:
https://tugaspbkkluna.blogspot.com/2023/09/tugas-pertemuan-4-latihan-uwp-dan.html 


4)  Aplikasi Rich UI (User Interface yang Kaya) mengacu pada aplikasi yang memiliki tampilan antarmuka pengguna yang menarik, interaktif, dan penuh dengan elemen visual dan fungsionalitas yang mengesankan. Desain UI yang baik dalam aplikasi Rich UI harus memperhatikan kejelasan, tampilan yang menarik, dan pengalaman pengguna yang intuitif. Desain UI dan Hasil Pengerjaan:

5) Tutorial :
Penjelasan:

    Pertama, saya membuat proyek WPF baru menggunakan Visual Studio atau alat pengembangan lainnya yang mendukung WPF. Setelah proyek dibuat, saya mulai merancang tampilan dengan menggunakan kode XAML. Langkah awal adalah menyusun tampilan dasar. Saya menggunakan elemen <Grid> sebagai elemen utama untuk menyusun elemen-elemen lainnya dalam tampilan. Kemudian saya mengatur warna latar belakang grid dengan atribut Background, misalnya Background="#B83A4B" untuk warna merah.

    Selanjutnya, saya menambahkan elemen-elemen seperti <Rectangle> untuk membuat kotak-kotak berwarna pada tampilan saya. Saya juga mengatur warna isi kotak dengan atribut Fill, dan posisikan dengan atribut HorizontalAlignment dan VerticalAlignment.

    Untuk mengelompokkan elemen-elemen secara vertikal, saya menggunakan elemen <StackPanel>. Di dalam stack panel, saya bisa menambahkan elemen-elemen <Button> untuk membuat tombol-tombol. Saya perlu sesuaikan teks, gaya, dan event handling pada tombol-tombol ini dengan menggunakan atribut-atribut seperti Content, Style, dan Click.

Saya juga menambahkan elemen-elemen seperti <hc:SearchBar> dan <hc:Card> sebagai kontrol kustom. Untuk pengembangannya dapat dilakukan dengan cara untuk mendefinisikan atau mengimpor kontrol-kontrol ini sesuai dengan kebutuhan proyek saya. Saya menambahkan elemen <ProgressBar> untuk menampilkan kemajuan tugas. Saya juga mengatur nilai kemajuan dengan atribut Value, dan sesuaikan tampilan dengan atribut Background dan Foreground.

    Untuk menampilkan gambar, saya menggunakan elemen <Image> dan tentukan sumber gambar dengan atribut Source. Saya memberikan efek gradien pada elemen seperti ProgressBar menggunakan elemen <LinearGradientBrush> untuk menentukan gradiennya. Saya juga menggunakan elemen <hc:WaveProgressBar> atau kontrol kustom lainnya yang harus saya definisikan atau impor sesuai kebutuhan. Saya juga mengambahkan event handling dengan menggunakan atribut Click pada elemen-elemen tombol (<Button>) untuk menentukan tindakan yang akan dilakukan saat tombol diklik.

    Setelah semua elemen ditambahkan, saya menyusun ke dalam grid dengan mengatur atribut Margin untuk menentukan posisi relatif elemen-elemen tersebut dalam tampilan. Terakhir, saya menyimpan perubahan dalam proyek saya dan menjalankan aplikasi WPF saya untuk melihat tampilan yang telah saya buat dan menjalankannya.



Comments

Popular posts from this blog

Tugas Latihan CRUD

 Tugas Code Igniter CRUD Nama: Clarissa Luna Maheswari NRP: 5025211003      Pada pekan ini, Pak Fajar Baskoro memberikan tugas kepada kami untuk mengaplikasikan routing dan CRUD pada framework CodeIgniter. Saya membuat aplikasi sistem blog simpel. Sistem ini adalah sebuah aplikasi web sederhana yang dikembangkan menggunakan PHP dan kerangka kerja CodeIgniter. Aplikasi ini memiliki fitur CRUD (Create, Read, Update, Delete) untuk mengelola postingan blog. Beberapa fitur utamanya meliputi: 1) Beranda: Halaman utama aplikasi. 2) Tentang: Menyediakan informasi tentang aplikasi atau pengarang. 3) Daftar Blog: Menampilkan daftar postingan blog. 4) Buat Posting: Memungkinkan pengguna untuk membuat postingan blog baru. 5) Edit Posting: Memungkinkan pengguna untuk mengedit postingan yang sudah ada. 6) Hapus Posting: Memberikan kemampuan untuk menghapus postingan blog. Aplikasi ini menggunakan PHP, kerangka kerja CodeIgniter, Bootstrap (Bootswatch Bootstrap Library), dan basis ...

Tugas Pertemuan 10: Menggunakan Bootstrap

Tugas Pertemuan: Menggunakan Bootstrap Nama: Clarissa Luna Maheswari NRP: 5025211003 A. Konfigurasi Codeigniter: - Akses direktori "~/application/config/config.php" dan modifikasi bagian $config['base_url'] sehingga sesuai dengan berikut ini. B. Pengaturan Autoload: Buka direktori "~application/config/autoload.php" dan ubah bagian $autoload['helper'] agar sesuai dengan berikut ini. C. Penyesuaian Konstanta: Buka direktori "~application/config/constants.php". Ubah nilai konstanta SITE_NAME sesuai kebutuhan, contohnya 'tokobuah' Tambahkan rute dan kontroller baru D. Unduh SB Admin: Ekstrak SB Admin. Kemudian, salin file-file yang diperlukan. Pindahkan folder css, js, vendor ke dalam direktori Tokobuah yang berada di htdocs. Ganti nama folder vendor menjadi assets. Partial adalah suatu teknik yang digunakan untuk memecah sebuah template menjadi komponen-komponen kecil yang lebih mudah dikelola, sehingga tampilan menjadi lebih terstrukt...

Tugas Pertemuan 4: Latihan UWP : Membuat Photo Lab

  Tugas Pertemuan 4 -  08/09/2023 🍮 Nama      :   Clarissa Luna Maheswari NRP         : 5025211003 Pada pertemuan keempat, kelas diberikan materi mengenai UWP (Universal Windows Platform). UWP membangun aplikasi untuk Windows PC. UWP adalah platform induk pengembang pada windows 10. UWP mendukung NET Framework 2.0. Aplikasi UWP mampu menggunakna kemampuan khusu perangkat dan mengadaptasi UI ke ukuran layar perangkat, resolusi, dan DPI yang berbeda. UWP dapat diprogram dalam C#, C++, Visual Basic, dan JavaScript. UI yang digunakan menggunakan WinUI, XAML, HTML, atau DirectX.  PhotoLab adalah sebuah aplikasi yang memperlihatkan berbagai konsep dalam pemrograman XAML, mulai dari dasar hingga tata letak yang adaptif dan disesuaikan. Aplikasi ini juga menunjukkan penggunaan data binding dalam XAML, termasuk ekstensi markup {x:Bind}. Selain itu, PhotoLab menggambarkan cara melakukan styling dan penyesuaian antarmuka pengguna (UI) da...